Penurunan produktivitas kerja dapat memperlambat Anda dalam
menuntaskan pekerjaan, sehingga Anda membutuhkan waktu lebih banyak untuk
menyelesaikannya.
Beberapa cara meningkatkan produktivitas kerja yang dapat Anda
lakukan, antara lain:
Pekerjaan yang menumpuk bisa membuat kewalahan. Cobalah mengaturnya
perlahan dengan membuat daftar hal-hal yang perlu Anda lakukan. Mulai dari apa
yang perlu Anda lakukan selama satu hari, hingga satu minggu. Letakkan hal
penting yang perlu Anda lakukan di bagian paling atas.
Siapkan tempat kerja Anda dengan baik
Meja kerja yang berantakan dapat memecah fokus Anda, menyulitkan Anda
dalam mencari dokumen atau keperluan kerja lainnya, sehingga dapat menghambat
produktivitas kerja. Cobalah untuk menata meja kerja Anda dengan baik tanpa
meletakkan terlalu banyak barang, terutama yang tidak berkaitan dengan
pekerjaan.
Hindari hal yang mengganggu fokus
Konsentrasi merupakan kunci dalam meningkatkan produktivitas kerja.
Jadi, pastikan Anda tetap fokus dengan menjauhi hal yang dapat mengganggu
konsentrasi Anda. Misalnya dengan mematikan nada dering maupun notifikasi di
ponsel Anda.
Apabila pekerjaan Anda memungkinkan untuk mendengarkan musik, maka
pilih musik yang dapat mempertahankan konsentrasi. Misalnya musik instrumental
yang membuat Anda tetap fokus.
Pastikan area kerja Anda nyaman
Untuk meningkatkan produktivitas kerja, kenyamanan juga perlu
diperhatikan. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di meja kerja, pastikan Anda
menggunakan kursi yang nyaman dengan tinggi yang sesuai dengan postur tubuh dan
meja kerja (ergonomis). Hal ini penting untuk menghindari sakit pada bagian
punggung dan leher yang dapat mengganggu produktivitas kerja Anda.
Baca Juga :
Hidup Sehat | Mata | Kolesterol | Jantung | Kecantikan |
Beristirahatlah sejenak
Meningkatkan produktivitas kerja bukan berarti Anda terus terpaku pada
pekerjaan tanpa melakukan istirahat sejenak. Setidaknya istirahatlah selama 15
menit untuk mengembalikan tenaga dan semangat. Lakukanlah beberapa hal seperti
keluar ruangan, membaca novel, melakukan peregangan ringan, atau mendengarkan
musik.
Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda dengan Gaya Hidup Sehat
Meningkatkan produktivitas kerja tidak cukup hanya dengan menciptakan
suasana kerja yang baik. Anda juga perlu menjaga kesehatan dan keseimbangan
hidup agar tidak menganggu produktivitas dalam pekerjaan.
Pola hidup sehat yang dapat Anda lakukan, seperti berolahraga secara
teratur, mengonsumsi makanan sehat, dan istirahat yang cukup, merupakan
langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja.
Beberapa hal di atas dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas
kerja. Hal itu akan memudahkan pekerjaan Anda, tapi juga membuat Anda merasa
puas dengan pekerjaan. Selain itu, meningkatkan produktivitas akan
mempersingkat waktu bekerja, sehingga Anda untuk memiliki lebih banyak waktu
luang yang dapat dimanfaatkan.
0 comments:
Post a Comment